Sabtu, 23 Mei 2015

Pemanasan sebelum belajar konsep diri, emosi dan kreativitas




Pemanasan Sebelum Belajar
Konsep Diri
1.        Seberapa cerdas saya di mata pelajaran yang saya terima di sekolah?
Alhamdulillah cukup cerdas 60%
2.        Seberapa baik saya berprilaku?
Alhamdulillah baik, insyaAllah muslimah yang berakhlakul karimah J
3.        Seberapa menarik secara fisik?
Alhamdulillah cukup menarik, walaupun tidak mencapai karakteristik fisik yang ideal, saya tetap bersyukur dan percaya diri terhadap apa yang telah ada pada diri saya
4.        Seberapa besar orang lain menyukai saya?
70% orang meyukai saya, 30% mungkin kurang menyukai saya. Dikarenakan kepribadian saya yang pendiam, sehingga terkesan cuek, karena saya hanya berbicara pada saat di perlukan untuk berbicara. Padahal, pada kenyataanya, banyak orang yang mengenal saya pribadi yang asyik, sayangnya itu hanya berlaku pada teman yang akrab atau teman dekat
5.        Seberapa banyak teman baik?
80%
6.        Seberapa romantis?
70%
7.        Seberapa sukses karir?
InsyaAllah 80% sukses, mungkin 100% sukses jika disertai dengan do’a dan usaha yang sungguh-sungguh
8.        Seberapa terampil sebagai atlit?
50% karena sedikit kegiatan olahraga yang saya ahli di bidangnya

Pemanasan Sebelum Belajar
Emosi 
1.      Perasaan saat ini?
Suka duka bercampur jadi satu JL Senang, bahagia, galau, bingung dan sedih.
2.      Kata-kata hari ini?
Tersenyum, rindu, cinta, lelah,tegang dan ragu-ragu
3.      Perasaan setiap hari
Senang, semangat dan tenang
4.      Perasaan disesuaikan gambar
Bahagia, bingung dan penghargaan
5.      Andai gambar nyata
Pemakalah sedang berdiskusi, setelah selesai moderator mengucapkan terimakasih kemudian mempersilahkan audiens untuk bertanya
6.      Andai dilarang senyum J apa yang terjadi?
Manusia akan terus bersedih, tetapi saya akan tetap tersenyum karena itu membuat saya bahagia dan bersemangat
7.      Manusia dapat terbang, apa yang terjadi?
-          Saya akan mengajak orang tua pergi ke mekah untuk menunaikan ibadah haji setiap tahun dan menunaikan ibadah umroh setiap saat kapanpun mereka mau.
-          Saya bebas liburan keluar negeri
-          Bandara akan sepi dari penumpang pesawat
8.      Cara memperbaiki pengajaran bahasa indonesia
-          Menciptakan suasana kegiatan belajar dan pembelajaran yang menyenangkan
-          Memadukan segala model pembelajaran disesuaikan karakteristik siswa
-          Menggunakan metode yang kreatif
9.      Memberikan judul dan melanjutkan puisi
Diam dalam keinginan
Setiap diriku ada di dekatmu
Mengapa bibir ini menjadi kelu
Ingin rasanya ku berkata
Tapi aku bingung untuk berkata apa
      Ingin aku katakan
      Aku merindukanmu kawan
      Aku ingin dirimu selalu ada disisiku
      Agar aku dapat selalu berbicara denganmu
10.  Guna emosi
-          Mengekspresikan perasaan melalui mimik muka dan dilakukan melalui perbuatan. Dari emosi akan terlahir kecerdasan emosional
-          Sapaan, misalnya senyum
-          Pelampiasan emosi, misalnya marah
-          Mempermudah komunikasi
-          Menggunakan emosi dalam bermain peran pada pementasan drama. Seorang aktor/aktris dituntut dapat menguasai variasi emosi
11.  Melanjutkan cerita
                        Saat telah tiba waktu magrib, aku, ayah, ibu beserta adikku bersiap-siap untuk sholat magrib berjama’ah. Setelah selesai berwudhu, kami segera mengambil alat sholat dan pergi ke ruang sholat. Sholat berjama’ah dipimpin oleh ayah dan ditutup dengan do’a.
12.  Membuat pertanyaan tentang emosi
-          Apa pengertian emosi?
-          Sebutkan jenis-jenis emosi!
-          Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi emosi!
-          Bagaimana hubungan emosi dengan moral, nilai dan sikap?
-          Bagaimana implikasi emosi, moral, nilai dan sikap bagi pendidikan bahasa indonesia?



 Pemanasan Sebelum Belajar
Kreativitas
1.      Kata yang menggambarkan perasaan hari ini
Bahagia dan merasa puas, tetapi sedikit kurang fit L
2.      Dapatkah dipikirkan perasaan yang kita hayati setiap hari?
Ya, dapat. Saya merasa senang everyday J
_-_-_-_-_-saatnya menghayal dan mengarang-_-_-_-_-_-_-
3.      Berikan judul dan perkirakan apa yang akan terjadi!
Judul   : memohon perlindungan
Perkiraan : muslimah memohon perlindungan dengan cara berdo’a agar terlindung dari hal yang gaib
_-_-_-_-_-_-_-_-_-Pengandaian_-_-_-_-_-_-_-_-_
4.      Jakarta gurun, apa yang akan terjadi?
-          Kekeringan
-          Ibukota terpanas
-          Meningkat jumlah mobil sehingga kemacetan meningkat
-          Tidak banjir karena jarang hujan
-          Maraknya busana barat karena iklim yang begitu panas
5.      Dilarang makan, apa yang akan terjadi?
-          mewabah penyakit pencernaan
-          meningkat jumlah yang meninggal
-          tidak ada penjual makanan
-          banyak yang kelaparan
6.      Manusia hidup di laut, apa yang akan terjadi?
-          Manusia dimangsa ikan
-          Laut terasa aneh
-          Manusia yang tidak bisa berenang akan mati tenggelam
_-_-_-_-_-_-Lain guna_-_-_-_-_-_-
7.      Selain sepatu untuk alas laki, apa gunanya?
-          Bahan daur ulang
-          Pot bunga
-          Supporter pemain sebagai alat menyuarakan dukungan
-          Buat mainan mobil-mobilan
8.      Selain menjadi guru, apa guna PBSI?
-          Penulis
-          Wartawan
-          Notulen
-          Tutor/penterjemah bahasa indonesia
-          Sastrawan
-          Penyair
-          Penulis/pencipta lagu
-          Aktor/aktris
-          Penerbit
-          Editor
-          Penyayi
-          Sejarawan
9.      Melanjutkan cerita dan memberikan judul
Kekuatan Sydo
                        Sydo mempunyai kekuatan superhero, ia dapat menumbangkan pohon hanya dalam waktu 1 detik dengan kekuatan tangannya. Kekuatan sydo tak ada yang mampu di kalahkan oleh manusia lainnya.
                        Sydo lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang guru karate, sedangkan ibunya seorang pedagang. Sejak umur 5 tahun, ayahnya mulai membimbing serta mengajarkan sydo ilmu karate. Dengan latihan yang serius juga disertai usaha yang sungguh-sungguh sydo mamp menguasai ilmu karate pada umur 7 tahun.
                        Tibalah sydo di bangku sekolah dasar. Pada waktu sibuk, ia selalu menyempatkan diri untuk meluangkan waktunya untuk berlatih dan memperdalam ilmu karate. Seiring berjalannya waktu, kekuatan gaib sydo semakin bertambah. Sydo selalu mendapat juara dalam perlombaan karate tingkat sekolah dasar. Orang tua sydo bangga, karena sydo telah berhasil menguasai ilmu yang telah ayahnya berikan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar